Resep Cupcake Kukus Untuk Kamu Yang Punya Oven

Resep Cupcake Kukus Untuk Kamu Yang Punya OvenSumber: https://www.yummy.ph/recipe/no-bake-carrot-cake-cream-cheese-frosting-recipe

Kamu suka cupcake? Kue yang lucu penampilannya itu memiliki banyak penggemar. Kue ini umumnya tampil dengan dekorasi yang lucu. Cupcake biasanya dibuat dengan cara dipanggang. Namun, sebenarnya cupcake juga dibisa dibuat dengan cara dikukus, seperti kue-kue dari Jepang.

Dipanggang Vs Dikukus

Dipanggang Vs DikukusSumber: Lifeasastrawberry.com https://www.justonecookbook.com/steamed-cake/

  1. Tidak akan ada warna kecokelatan + rasanya sedikit kurang

Alasan terbesar ingin membuat kue dengan mengukus daripada memanggang adalah karena panasnya oven menyebabkan kecokelatan. Saat kue dikukus, tidak akan mendapatkan tepi kue yang kecokelatan yang sama seperti jika dipanggang. Meskipun ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar, hal itu bisa dan memang mempengaruhi rasa kuenya. Kue kukus akan memiliki rasa yang lebih murni dari bahan-bahan yang membentuk kue. Kue yang dipanggang akan memiliki rasa yang lebih sempurna dan berimbang, dan ini karena bagian tepi yang kecokelatan.

  1. Kue akan menjadi lunak dan lembut tetapi juga lebih cepat kering

Keuntungan dari mengukus adalah cukup cepat. Bahkan, kecepatannya berkurang setengahnya saat mengukus daripada memanggang. Namun, bahaya mengukus adalah bahwa pengukusan dapat menyebabkan hilangnya kelembaban lebih cepat karena kehilangan uapnya lebih cepat saat dingin.

  1. Perlu tambahan lemak lebih banyak

Karena kue yang dikukus dapat mengering, kamu perlu menambahkan lebih banyak lemak (mentega atau minyak) untuk mempertahankan kelembaban yang hilang karena penguapan saat kue mendingin. Menambahkan yogurt dan krim asam juga bisa membantu menjaga kue tetap lembab saat dingin.

Resep Cupcake Kukus

Resep Cupcake KukusSumber: https://www.swirls.com.sg/

Untuk yang terbaik, cupcake ultra lembut, buat kue dengan dikukus, jangan dipanggang! Berikut resepnya dari Tastemade.

Bahan-bahan:

  • 175g tepung serbaguna
  • 225 g gula kastor
  • 50g bubuk kakao
  • ½ sdt bikarbonat soda
  • ½ sdt garam
  • 175g mentega tawar, dilembutkan
  • 2 telur besar, pada suhu kamar
  • Susu 175ml
  • Frosting
  • 1 batch buttercream Amerika (sekitar 400g buttercream)
  • 2 tetes pewarna makanan merah muda
  • 2 tetes pewarna makanan hijau
  • 2 tetes pewarna makanan kuning
  • Saus cokelat
  • 200g cokelat hitam berkualitas baik
  • 25g mentega
  • 25g gula merah
  • Krim 175ml

Cara Pembuatan:

  1. Tambahkan tepung, gula, bubuk kakao, soda bikarbonat, dan garam ke dalam mangkuk besar dan campur bersama-sama menggunakan mixer tangan.
  2. Selanjutnya tambahkan mentega yang sudah dilembutkan dan aduk dengan kecepatan rendah sampai campuran mencapai tekstur seperti pasir rapuh.
  3. Tambahkan telur dan susu dan aduk dengan kecepatan rendah sampai tidak ada bahan kering yang muncul. Bersihkan pinggiran mangkuk dari adonan dan aduk selama 20 detik.
  4. Kamu akan mengukus 4 kue sekaligus. Tapi jangan khawatir! Kue ini hanya butuh 15 menit untuk mengukus!
  5. Mulailah dengan membungkus tutup wajan goreng dengan handuk teh. Sangat penting kamu tidak melewatkan langkah ini karena ini akan membantu tetap menyerap uap yang jika tidak akan terkumpul di atas tutupnya.
  6. Tambahkan cetakan cupcake kertas ke 4 ramekins (mangkuk keramik untuk membuat zupa-zupa dan lain sebagainya). Pastikan ramekin berada di sekitar ukuran yang sama dengan cetakan kertas. Isi cetakan ¾ cetakan dengan adonan.
  7. Tambahkan 4 ramekin dalam wajan datar yang rata. Isi setengah wajan dengan air mendidih. Tutup wajan dan masak selama 15 menit. Buka tutupnya dan voila! Cupcake dimasak dengan sempurna!
  8. Frosting

Warna 2 sdm buttercream yang dibekukan dengan pewarna makanan berwarna hijau. Kemudian warnai setengah dari sisa adonan dengan merah muda yang beku dan separuh lainnya berwarna kuning.

Saus coklat

  1. Tambahkan semua bahan ke dalam mangkuk besar yang aman untuk microwave dan panaskan selama 20 detik setiap kalinya, aduk setiap kali sampai halus. Saus yang tersisa dapat disimpan dalam wadah kedap udara hingga 3 bulan.
  2. Frosting cupcake dengan menggunakan ujung pipa fave-mu. Bisa juga menggunakan ujung pipa bunga Rusia dan ujung daun untuk menghias tambang dengan desain bunga. Gunakan offset spatula untuk menambahkan frosting merah muda di sekitar bagian dalam tas piping dan kemudian isi bagian tengah tas piping dengan frosting warna kuning. Buat bunga-bunga menggunakan ujung pipa Rusia. Ada ratusan jenis pola yang berbeda. Apapun bisa digunakan.

Jika kamu terbiasa menikmati kue cupcake dengan cara dipanggang, mungkin kamu perlu melakukan percobaan baru dengan membuat kue cupcake dengan cara dikukus. Lalu, rasakan perbedaannya, mana yang lebih kamu sukai.

 

 

Related Posts

About The Author