Pernah Mencicipi Kelezatan Chilli Crab Singapore?

Chilli Crab atau Kepiting cabe adalah hidangan makanan laut yang populer di kalangan penduduk lokal dan orang asing di Singapura, dan terdiri dari kepiting lumpur yang digoreng dalam saus manis, gurih dan pedas. Chilli crab telah disebut dalam berbagai publikasi makanan sebagai hidangan makanan laut nasional Singapura atau bahkan nasional Singapura.

Sejarah Chilli Crab

Sejarah Chilli CrabSumber: https://thehoneycombers.com/singapore/best-chili-crab-in-singapore/

Chilli crab dikatakan ditemukan oleh Cher Yam Tian pada pertengahan 1950-an ketika ia menambahkan saus sambal botolan ke piring kepiting gorengnya, alih-alih menggunakan saus tomat, bahan yang biasa. Pada tahun 1956, ia dan suaminya mulai menjual chilli crab dengan menggunakan gerobak dorong di sepanjang pantai. Bisnisnya bagus dan mereka akhirnya membuka sebuah restoran pada tahun 1962, bernama Palm Beach, di 514 Upper East Coast Road. Pada tahun 1984, mereka menjual sebagian saham mereka dalam bisnis untuk bermigrasi ke Selandia Baru.

Hooi Kok Wah, salah satu dari empat koki lokal yang dikenal sebagai pembuat masakan Cina yang super lezat pada 1960-an, juga dianggap sebagai pelopor dalam sejarah chilli crab di Singapura. Ketika ia membuka Dragon Phoenix Restaurant pada tahun 1963, Hooi menciptakan versi asam dari chilli crab dengan menggunakan jus lemon, cuka, sambal, pasta tomat dan putih telur dalam saus, bukannya cabai botol dan saus tomat. Ini telah menjadi versi hidangan yang lebih umum di Singapura.

Pada tahun 2009, menteri pariwisata Malaysia Ng Yen Yen mengklaim bahwa chilli crab adalah salah satu dari beberapa hidangan Malaysia yang telah salah dikreditkan ke negara lain. Banyak orang Singapura marah karena chilli crab secara luas dianggap sebagai ciptaan lokal.  Klaim Ng belum dibuktikan.

Chilli Crab Singapore Halal

Home of Seafood

Home of SeafoodSumber: https://www.quandoo.sg/place/home-of-seafood-19768

Banyak sekali restoran seafood Cina di Singapora, tapi kebanyakan makanan yang dijajakan tidak halal. Untunglah sekarang ada restoran seafood yang halal, Home of Seafood. Jangan lewatkan Chilli Crab telah memenangi penghargaan yang memiliki kepiting segar yang juicy dan dibalur dengan saus cabai kental dan manis dengan jumlah rempah yang tepat. Hidangan ini disajikan dengan sepiring roti goreng yang lezat juga (mantou) yang sangat lezat. Kamu pasti ketagihan setelah mencicipinya.

Home of Seafood terletak di sepanjang Joo Chiat Road. Lokasinya mudah dicapai jika kamu berada di Geylang Serai dan Home of Seafood juga sesekali bergabung dengan bazaar di Expo atau Suntec, jadi pastikan tidak ketinggalan.

Restoran lain yang terkenal akan chilli crab-nya, di antaranya Roland Restaurant, Red House Seafood Restaurant, Seafood Paradise, Long Beach Seafood Restaurant, No Signboard Seafood Restaurant, Jumbo Seafood, dan Mellben Seafood.

Resep Chilli Crab Singapore

Resep Chilli Crab SingaporeSumber: https://www.myguidesingapore.com/travel-articles/my-destination-singapore-kitchen–chilli-crab

Chilli crab Singapore memang sudah sangat terkenal di kalangan penikmat makanan seafood. Nah, jika kamu penasaran akan hidangan ini, mungkin kamu bisa mencoba resep chilli crab dari Serious eats.

Bahan-bahan:

  • 1 sendok makan tepung jagung
  • 7 sendok makan minyak kacang
  • 2 hingga 3 bawang merah, dicincang (sekitar 1/2 gelas)
  • 3,8 cm jahe, parut (sekitar 2 sendok makan)
  • 6 siung bawang putih sedang, cincang (sekitar 2 sendok makan)
  • 4 cabai Thailand, dicacah
  • 2 kepiting Lumpur atau Dungeness utuh (masing-masing sekitar 453gr), disiapkan (lihat catatan)
  • 2 cup kaldu ayam rendah sodium buatan rumah atau dibeli di toko
  • 1/4 cup pasta tomat
  • 1/2 cup saus cabai pedas manis (lihat catatan)
  • 1 butir telur besar, kocok
  • 1/2 cup bawang hijau yang diiris tipis
  • 1 cup daun peterseli cina
  • Nasi atau roti cina kukus untuk disajikan di samping kepiting

Catatan: Kepiting harus dibilas dengan baik, dibersihkan, dan dipotong-potong. Bagian yang lembut disimpan di dalam cangkang atas untuk rasa kepiting ekstra yang cocok untuk hidangan. Jika menggunakan wajan dengan penutup, pastikan dapat disimpan dengan baik di atas kompor. Sesuaikan bumbu sehingga memiliki keseimbangan rasa manis, asin, dan panas dari cabai. Berhati-hatilah saat memakan saus,  mungkin ada sedikit cangkang!

Cara Pembuatan:

  1. Dalam mangkuk kecil, aduk tepung jagung dengan 2 sendok makan air; sisihkan. Dalam wajan besar dengan tutup (atau oven Belanda), panaskan minyak di atas api sedang sampai berkilauan. Aduk bawang merah, jahe, bawang putih, dan cabai. Masak sampai harum, aduk, sekitar 1 menit
  2. Tambahkan kepiting dan kaldu. Naikan suhu ke sedang-tinggi dan didihkan. Tutup kepiting dengan hati-hati dan agak longgarkan (kecilkan api jika perlu), sampai kepiting menjadi merah dan hampir matang, sekitar 6 menit.
  3. Angkat penutup wajan dan aduk pasta tomat dan saus cabai. Didihkan 1 menit dan bumbui dengan garam, gula, atau saus cabai. Aduk tepung jagung dan didihkan hingga mengental.
  4. Angkat wajan dari kompor dan tambahkan telur. Tambahkan bawang hijau. Masukkan ke dalam piring saji, taburi dengan peterseli Cina, dan sajikan.

Kepiting adalah salah satu menu seafood yang memiliki kelezatan luar biasa ketika disantap. Walaupun susah, orang tetap senang mengkonsumsi makanan laut ini. Begitu pula dengan chilli crab Singapore, hidangan berbasis kepiting ini juga sangat terkenal di Singapura. Orang tak akan pernah melewatkan kesempatan mencicipi hidangan ini ketika ke Singapura. Pernahkah kamu mencicipi kepiting pedas ala Singapura ini?

Related Posts

About The Author