Puding Cokelat Lembut, Layak untuk Dicoba

Salah satu makanan penutup yang banyak disukai oleh anak-anak juga orang dewasa adalah puding. Teksturnya yang lembut ditambah dengan lumuran vla di atasnya membuat rasanya semakin lengkap. Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa puding selalu disajikan dengan vla? Apakah Vla itu asli hasil kreasi orang Indonesia?

Kira-kira vla itu apa ya? Dari mana asal vla?

Dari mana asal vlaSumber: https://cookpad.com/id/resep/176719-vla-pudding-vanilla

Vla adalah produk khas Belanda lainnya dan merupakan hidangan yang ekslusif bagi Belanda. kini tidak tersebar luas hingga ke seluruh dunia. Vla adalah custard sederhana yang sangat populer di Belanda. Makanan ini bisa dibeli dalam karton susu.

Sebenarnya, ada hukum yang mengatakan sesuatu tentang hal ini! Dalam Warenwetbesluit Zuivel (Keputusan Produk Hukum Produk Susu), Pasal 14, disebutkan bahwa produk susu hanya dapat disebut Vla jika mengandung:

  • zetmeel (pati) sebagai bahan penting dan setidaknya 50% susu sapi;
  • tingkat lemak susu minimal 2,6%;
  • bahan-bahan lain yang dibutuhkan (seperti bumbu, gula, dll.).

Semua bahan tadi harus menghasilkan produk yang dikvloeibaar samengesteld (cairan kental, produk olahan susu). Vla memiliki konsistensi antara yogurt dan puding, dan sangat halus.

Hidangan ini adalah makanan penutup yang dibuat dengan susu, tepung jagung (atau pengental lainnya), telur (tidak selalu digunakan saat ini), gula dan perasa, yang disajikan dingin atau pada suhu kamar.

Ada banyak rasa yang tersedia: vanilla, cokelat, karamel, raspberry, dan lain-lain. Bahkan ada rasa polos, yang memiliki warna dan rasa netral. Seringkali produsen bereksperimen dengan rasa dan variasi yang tidak biasa. Vla yang lebih mewah dibuat dengan krim dan biasanya hanya tersedia dalam dua rasa vanilla dan cokelat klasik.

Vla dianggap sebagai makanan penutup yang cukup sederhana dan sehari-hari, tetapi tidak dianggap sebagai makanan penutup khusus untuk disajikan dengan acara-acara khusus.

Vla dan Puding

Vla dan PudingSumber: https://steemit.com/food/@riniagustina/how-to-make-chocolate-pudding-with-vla-sauce-or-or-cara-membuat-puding-coklat-dengan-saus-fla

Di negara kita, vla biasanya jadi isian kue, seperti kue sus atau juga menjadi lapisan untuk cake seperti sponge cake. Bisa juga dipakai isian untuk roti dan saus untuk puding. Sering sekali kita melihat puding yang disajikan dengan lumuran vla di atasnya.

Puding, Jelly, Agar-agar

Apakah ketiga makanan ini sama?

Puding

PudingSumber: https://www.vemale.com/resep-makanan/111821-resep-praktis-puding-cokelat-enak-legit-menggigit.html

Puding biasanya dibuat dari jelly atau agar-agar, tapi bisa juga dicampurkan antara keduanya. Puding juga biasanya ditambahkan santan atau susu. Untuk mempercantik puding, bisa ditambahkan topping yang disukai, misalnya yogurt, buah-buahan dan lain-lain.

Agar-agar

Agar-agarSumber: https://360happykitchen.com/recipe/dapur-desa-agar-agar-jelly/

Jenis makanan ringan ini dihasilkan dari olahan ganggang laut. Tekstur agar-agar ini biasanya kenyal, agak keras, dan padat.

Jelly

jellySumber: http://www.fanpop.com/clubs/food/images/28140069/title/jelly-photo

Untuk membuat jelly bahan dasar adalah rumput laut, yang juga digunakan untuk membuat agar-agar. Maka jelly memiliki tekstur yang lebih kenyal dan gampang hancur. Baik jelly maupun agar-agar merupakan jenis makanan yang kaya serat dan rendah kalori.

Resep Puding Cokelat dan Vla

Ada banyak Puding yang berbeda: Puding Telur, Puding Mangga, Puding Susu Segar, Puding Coklat, dan sebagainya. Nah, yang akan kita bahas sekarang adalah puding cokelat. Berikut resepnya dari Fueling with Flavour.

Bahan-bahan:

Puding:

  • 3 bungkus agar-agar Swallow polos
  • 2 liter air dingin
  • 1 sampai 1 / 2 cangkir Kakao Van Houten (atau kakao olahan Belanda lainnya)
  • 2/3 gelas gula, atau secukupnya

Vla:

  • 4 kuning telur
  • 3/4 cup gula
  • 5 cup susu
  • 3 buah vanilla pods atau 3 sdt vanilla essence
  • 6 sdm maizena
  • 1 gelas air dingin

Cara Pembuatan:

Puding:

  1. Siapkan air sesuai aturan pada kemasan agar-agar, lalu tuangkan ke dalam panci besar, masukkan agar-agar ke dalam air yang masih dingin lalu aduk.
  2. Tambahkan cokelat dan gula, aduk terus hingga larut dan mendidih.
  3. Matikan api dan aduk sampai agak dingin, lalu tuang ke dalam 2 panci puding.

Vla:

  1. Masukkan kuning telur dan gula ke dalam mixer dan kocok sampai menjadi halus dan lembut.
  2. Tambahkan 2 cup susu ke dalam campuran telur. Aduk pada kecepatan terendah.
  3. Tuang campuran susu dan telur dan sisa susu ke dalam panci besar, aduk hingga rata.
  4. Dalam mangkuk kecil, campur maizen dengan air dingin sampai larut, lalu tuangkan ke dalam panci.
  5. Tambahkan vanila esens.
  6. Saat vla mendidih, matikan api, kemudian pindahkan panci ke wajan besar yang penuh es. Aduk terus sampai mendingin.
  7. Tuang ke dalam gelas besar dan dinginkan di lemari es.
  8. Tambahkan rum jika suka.

Puding dan vla memang tak terpisahkan. Kamu sekarang bisa mencoba membuat hidangan penutup ini untuk dibagi bersama keluarga.

 

 

 

 

 

 

Related Posts

About The Author