Cara Membuat Mochi Ice Cream Jepang yang Lezat

Satu lagi kudapan dari negara Jepang yang digemari banyak orang di Indonesia, Mochi Ice Cream. Kita menyebutnya es krim Mochi, yaitu makanan manis berbentuk bulat kecil yang terbuat dari lembaran bulat berbahan beras ketan yang  lembut yang diisi es krim di dalamnya. Es krim ini memberikan rasa pada mocha, sementara mochi menambah rasa manis dan tekstur.

Cara Membuat Mochi Ice Cream Jepang yang LezatSumber: http://eastmeetskitchen.com/videos/recipes/vegan-mochi-ice-cream/

Umumnya rasa es krim yang digunakan adalah vanila, cokelat, dan stroberi. Rasa lain, seperti kopi Kona, anggur prem, teh hijau, dan kacang merah, juga banyak digunakan.

Penemu Mochi Ice Cream

Penemu Mochi Ice CreamSumber: https://prezi.com/uvzxzfsfelnt/frances-kazuko-hashimoto/

Frances Hashimoto, mantan presiden dan CEO Mikawaya, diajui sebagai penemu mocha ice cream. Suami Hashimoto, Joel Friedman, memikirkan ide untuk mengambil bola-bola kecil es krim dan membungkusnya dengan kue beras mochi tradisional Jepang. Frances Hashimoto memperluas ide suaminya dengan menciptakan hidangan penutup fusion yang sekarang populer di Amerika Serikat dan di tempat lain. Hashimoto memperkenalkan tujuh rasa mochi ice cream.

Keistimewaan Mochi

Mochi lebih dari sekadar sebuah kudapan. Di Jepang, mochi adalah simbol keberuntungan yang banyak dikonsumsi oleh aristokrasi. Ini mewakili rezeki bagi mereka yang membutuhkannya, karena sangat mengenyangkan. Lebih dari itu, mochi adalah sesuatu yang bisa dinikmati bahkan hari ini sebagai kudapan yang disukai banyak orang.

Mochi telah dipopulerkan ke seluruh dunia sebagai suguhan es krim, yang bahkan kata Mochi sekarang memiliki arti yang sama hampir di mana-mana. Bahkan di Jepang, orang mengasosiasikan kata Mochi dengan es krim. Mochi ice cream adalah suguhan manis, lengket, padat yang baik untuk makanan dan untuk rasa.

Jenis Tepung yang Digunakan untuk Membuat Mochi

Jenis Tepung yang Digunakan untuk Membuat MochiSumber: https://www.justonecookbook.com/shiratamako/

Jenis tepung yang digunakan untuk membuat lembaran mochi adalah Shiratamako. Pilihan tepung lain yang bisa digunakan adalah beras ketan. Kamu bisa menggunakan keduanya untuk membuat es krim mochi Jepang. Tapi apa perbedaan antara Shiratamako dan tepung ketan? Keduanya terbuat dari beras ketan atau beras manis yang disebut “mochi gome (mo-chi-go-may)”. Meskipun keduanya terbuat dari bahan yang sama, proses pembuatan Shiratamako dan tepung ketan berbeda.

Mochiko: Alternatif untuk shiratamako

Mochiko Alternatif untuk shiratamakoSumber: Alibaba.com

Tepung beras ketan lebih murah dan tersedia di supermarket, mini market, bahkan toko-toko di dekat rumah. Tetapi untuk membuat hidangan penutup mochi yang begitu lembut, memilih Shiratamako dan membayar sedikit lebih banyak adalah pilihan yang tepat. Tekstur mochi yang tipis sangat halus dan membentang dengan baik ketika membungkus es krim itu karena menggunakan tepung shiratamako. Partikel Shiratamako lebih halus dan lebih kecil dari pada tepung beras ketan yang lebih murah atau Mochiko.

Produk serupa dengan shiratamako bernama mochiko. Tekstur mochiko yang mirip dengan tepung beras ketan. Mochiko terbuat dari bahan yang sama tetapi Shiratamako menghasilkan mocha yang lebih baik karena tekstur yang dihasilkan oleh Shiratamako.

Resep Mochi Ice Cream yang Lezat

Resep Mochi Ice Cream yang LezatSumber: https://www.justonecookbook.com/daifuku/

Sudah tak sabar untuk mencoba membuat Mochi Ice Cream di rumah? Jangan khawatir. Berikut ini resep dari Chopstick Chronicles yang memberikan panduan cara membuat Mochi Ice Cream yang sukses.

Bahan-bahan:

  • 90 g Shiratamako
  • 180 ml air
  • 50 g gula kastor
  • 80 g Katakuriko (tepung kentang) atau tepung jagung
  • 300 g Es krim pilihan Anda

Catatan:

Shiratamako adalah jenis tepung beras ketan (juga disebut tepung beras manis) yang terbuat dari mochigome (beras ketan Jepang yang pendek).

Cara Pembuatan:

  1. Sendok es krim masing-masing sekitar 30g dengan sendok adonan es krim/kue ke dalam loyang kue muffin kecil berlapis aluminium foil dan simpan di dalam freezer sampai siap untuk dibungkus dengan mochi

Membuat lembaran mochi

  1. Masukkan Shiratamako, gula, dan air ke dalam mangkuk untuk microwave dan aduk hingga rata.
  2. Bungkus mangkuk dengan plastik cling wrap, pastikan jangan tutup plastik agak sedikit longgar dan panaskan campuran dalam microwave pada 600w selama 2 menit.
  3. Keluarkan mangkuk dan aduk campuran dengan spatula dan tempatkan bungkus kembali dengan plastik cling wrap dan panaskan kembali dalam microwave pada pengaturan yang sama selama 1 ½ menit.
  4. Pindahkan mochi yang sudah matang ke meja yang akan dipakai untuk menguleni yang telah ditaburi dengan Katakuriko (tepung kentang) dalam jumlah yang banyak.
  5. Taburi lagi lebih banyak Katakuriko (tepung kentang) di atas mochi untuk mencegah mochi menempel pada jari-jari kamu dan rolling pin. Tekan mochi ke bawah untuk membeberkan mochi dan pipihkan sampai tipis dengan rolling pin.
  6. Gunting mochi menjadi bentuk bulat menggunakan pemotong kue bundar berdiameter sekitar 9cm (3,54 inci). Adonan harus menghasilkan sekitar 10 lembar mochi bundar.
  7. Letakkan beberapa plastik cling wrap di meja dapur atau area kerja dan letakkan selembar mochi bundar kemudian letakkan lapisan plastik cling wrap di atas lembaran mochi dan tambahkan lembar mochi lainnya. Ulangi proses ini untuk semua lembar mochi.
  8. Dinginkan lembaran mochi agar dingin sepenuhnya selama setidaknya 30 menit.

Bungkus es krim dengan lembaran mochi

  1. Keluarkan lembaran mochi dari lemari es. Tempatkan satu lembar mochi meja dapur atau area kerja yang telah dilapisi plastik cling wrap.
  2. Bersihkan sisa katakuriko (tepung kentang) dari lembar mochi dengan sikat kue.
  3. Tempatkan satu sendok es krim di atas lembar mochi. Angkat pinggiran lembaran mochi ke atas dan satukan semua sisinya agar mochi tertutup rapat.
  4. Bungkus seluruh es krim mochi dengan plastik cling wrap dan putar ujung atas plastik dan masukkan kembali ke dalam freezer. Ulangi proses yang sama untuk yang lembaran tersisa.
  5. Biarkan es krim membeku lagi selama beberapa jam.
  6. Biarkan es krim mochi Jepang selama beberapa menit pada suhu kamar sebelum dimakan agar lembaran mochi melunak.

Catatan:

  • Shiratamako adalah yang paling cocok untuk membuat Mochi Ice Cream tetapi jika kamu tidak dapat menemukan bahan-bahan ini, shiratamako bisa diganti dengan Mochiko atau tepung ketan.
  • Semua rasa es krim bisa digunakan sebagai isian mocha.

Tips Membuat Es Krim Mochi agar Berhasil

Es krim mochi Jepang tidak terlalu sulit dibuat jika berhati-hati dengan beberapa langkah. Proses pembuatannya membutuhkan Katakuriko dalam jumlah yang banyak sehingga mochi tidak menempel pada jari-jari dan membuat mochi menjadi lebih mudah.

Es krim harus berbentuk ketika dicungkil dan dibekukan dengan baik sebelum dibungkus dengan lembaran mochi tipis.

Perlu ketelatenan untuk membuat lembaran mochi yang tipis dengan hasil yang baik. Namun, semua jerih payah itu akan terbayarkan ketika kamu melihat mochi ice cream lezat yang kamu buat. Jangan takut untuk mencoba. Selamat membuat Mochi Ice Cream!

Related Posts

About The Author