Resep Kuah Tom Yum yang Nendang Rasanya

Sup pedas dan asam khas Thailand ini sudah lama dikenal masyarakat Indonesia. Rahasia kelezatannya terletak pada kuahnya. Resep kuah tom yum yang lezat diperlukan untuk membuat sup tom yum yang super nikmat.

Sejarah Tom yum

Sejarah Tom yumSumber: http://www.cooktube.in/recipe/tom-yam-soup-thai-hot-sour-soup-with-chicken-shrimps/

Meskipun sejarah pasti Tom Yum tidak sepenuhnya diketahui, secara luas diyakini bahwa itu adalah tomyam yang berasal dari Thailand Tengah karena ada banyak udang segar di Sungai Chao Phraya.

Selama bertahun-tahun, tom yum telah menjadi favorit di Thailand dan dengan cepat menyebar ke seluruh dunia berkat proses pembuatannya yang relatif sederhana dengan citarasa yang fantastis.

Bahan-bahan baru telah ditambahkan di sana-sini, terutama pilihan daging dan bumbu yang digunakan dalam membuat pasta. Sementara beberapa versi modern dari Tom Yum menggunakan jamur merang atau jamur tiram. Beberapa restoran menambahkan Nam Phrik Phao, pasta cabai Thailand yang memberikan warna oranye pada sup Tom Yum dan meningkatkan rasa cabai dalam sup.

Jenis Tom Yum

Jenis Tom YumSumber: http://aromasian.com/recipe/tom-yum-clear-soup/ https://www.seriouseats.com/recipes/2013/10/chicken-coconut-soup-tom-kah-gai-from-everyday-thai-cooking.html

Terdapat dua jenis tom yum, yaitu sup tom yum nam sai dengan kaldu yang tajam dan bening, dan kedatangan yang relatif lebih baru, sup tom yum nam kham seperti sup susu, yang mulai populer pada 1980-an. Ada tiga jenis rempah-rempah yang membuat menyumbang pada keharuman aroma dan rasa asam pada kedua jenis tom yum, yaitu sereh, lengkuas, dan daun jeruk purut tiga menciptakan aroma dan fondasi rasa asam pada kedua jenis tom yum, yang selanjutnya dibumbui dengan jus jeruk nipis dan saus ikan, serta sejumlah besar mata burung yang memar. cabai, dan bumbu segar seperti ketumbar gigi gergaji, daun ketumbar dan daun bawang.

Rahasia Resep Kuah Tom Yum

Ada beberapa jenis rempah-rempah yang digunakan dalam kuah tom yum. Rempah yang berbeda menawarkan fungsi yang berbeda namun semuanya bersatu untuk menciptakan kuah tom yum yang lezat. Berikut penjelasan tentang khasiat dari rempah-rempah tersebut:

Serai

Serai dapat membantu meringankan gas yang berlebihan di perut atau usus, meningkatkan sekresi urin, mengurangi panas dalam tubuh dan mencegah penyebaran beberapa jenis bakteri.

Cabai

Cabe digunakan sebagai obat batuk. Ini berguna untuk sistem pernapasan, sirkulasi darah, dan jantung juga.

Jeruk nipis

Jeruk nipis membantu mencegah batuk, flu, dan penyakit kudis.

Jeruk purut

Jeruk purut digunakan untuk menghilangkan bau yang kuat dari beberapa makanan. Jusnya dapat menyembuhkan batuk, ketombe dan beberapa jenis sakit perut.

Itu hanya beberapa khasiat dari rempah-rempah yang digunakan dalam tom yum. Selain itu, tom yum penuh dengan nutrisi dari udang dan sayuran. Kamu akan melihat bahwa makanan ini tidak hanya membuat kamu kenyang, tetapi membuat kamu sehat. Itulah alasan penting mengapa tom yum dicatat sebagai masakan Thailand nomor satu.

Tom Yum Seafood

Tom Yum SeafoodSumber: Youtube.com

Mau mencoba membuat tom yum di rumah bersama teman-teman? Coba resep dari Lets Cook Some Food berikut.

Bahan-bahan:

  • 32 ons kaldu seafood
  • 2 sendok makan kecap ikan
  • 2 sendok makan Nam Prik Pao (pasta cabai Thailand)
  • 3 cup makanan laut campuran (udang, kerang, kerang, dan cumi)
  • 8 ons jamur kancing putih, dipotong-potong
  • 1 tomat besar, dipotong-potong
  • 1 tangkai serai, potong 2-3 inci
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 2 bawang merah, dipotong-potong
  • 4 potong lengkuas (opsional)
  • jus 2 jeruk nipis
  • ketumbar
  • 4 cabai Thailand (opsional)

Cara pembuatan:

  1. Tambahkan kaldu seafood, serai, daun jeruk, bawang merah, tomat, lengkuas, dan 2 sendok makan kecap ikan dalam panci di atas api sedang. Didihkan.
  2. Tambahkan jamur. Biarkan mendidih selama 2-3 menit, atau sampai jamur lunak.
  3. Tambahkan 2 sendok makan Nam Prik Pao (pasta cabai Thailand). Aduk sampai rata.
  4. Tambahkan seafood (udang, kerang, kerang, dan cumi). Didihkan dengan api sedang 2-3 menit, atau sampai udang menjadi merah muda dan kerang telah terbuka. Kerang harus keras saat disentuh. Jangan terlalu matang. Setelah matang, matikan api.
  5. Pindahkan sup ke mangkuk saji. Biarkan daun lengkuas, serai dan jeruk purut tetap di panci, tapi jika suka pindahkan ke mangkuk saji. Taburi dengan beberapa ketumbar segar, tambahkan cabai yang dihancurkan, dan jus jeruk nipis. Cicipi, tambahkan lebih atau kurang. Seharusnya terasa asin, sedikit manis dan asam. Untuk kepedasannya, gunakan sedikit jika kamu tidak suka atau tidak bisa makan makanan pedas.

Catatan:

  • Jika kamu tidak menyukai makanan laut atau tidak dapat menemukan campuran makanan laut, pilih saja apa yang kamu suka. Kamu juga bisa menggunakan ayam sebagai pengganti seafood.
  • Untuk cabai, hancurkan mereka dengan hati-hati. Pisau yang memiliki bilah lebar dan letakkan tepat di atas masing-masing telapak tangan dan tanganmu, tekan ke bawah dengan keras untuk melepaskan rasa pedasnya.

Rasanya di musim hujan seperti ini, memasak tom yum pedas dan hangat akan sangat cocok. Mengapa tak coba membuatnya di rumah?

 

 

 

Related Posts

About The Author