Matcha VS Green Tea, Mana yang Lebih Bagus?

Matcha vs green tea? Bukankah matcha itu green tea? Apakah kamu termasuk orang yang berpikir bahwa matcha itu sama dengan green tea? Jika ya, kamu sama dengan kebanyakan orang yang berpikir bahwa matcha itu adalah green tea. Sebenarnya, matcha itu berbeda dengan green tea.

Matcha vs green teaSumber: https://www.menshealth.com.sg/health/matcha-tea-vs-green-tea-beneficial-health/


Proses Pembuatan

Proses pembuatan green teaSumber: https://www.aiya-america.com/blog/cat/educational/post/the-advantages-of-shade-growing-tea-for-matcha/

Matcha sangat berbeda dari teh hijau standar. Tekstur matcha lembut dan ringan dibandingkan dengan teh hijau klasik. Perbedaan antara matcha vs teh hijau terletak pada cara keduanya dibuat dan rasanya yang berbeda.

Cara membuat matcha dan teh hijau adalah dua proses yang sangat berbeda. Untuk membuat matcha, batang dan urat daun teh hijau halus dihancurkan untuk membuat apa yang disebut “matcha powder.” Matcha paling baik jika dicampur dengan air di bawah 79 derajat celsius. Kafe-kafe sering mencampur matcha dengan tambahan gula atau susu.

Teh hijau dibuat dari seduhan seduhan daun teh dalam air panas, biasanya direbus hingga 100 derajat celsius. Pada dasarnya, matcha lebih mahal karena membutuhkan usaha dan waktu yang jauh lebih besar.

Matcha dan teh hijau biasa berasal dari Camellia sinensis, spesies semak hijau atau pohon kecil yang daun dan tunas daunnya digunakan untuk menghasilkan teh.

Matcha, bagaimanapun, ditanam secara berbeda dari teh hijau tradisional. Selama ratusan tahun percobaan, para pemilik perkebunan teh Jepang menemukan bahwa untuk mendapatkan matcha seremonial tingkat tertinggi, semak-semak teh tencha harus dilindungi dari sinar matahari selama 20-30 hari terakhir sebelum panen.

Perlindungan dari sinar matahari langsung ini meningkatkan klorofil dengan membatasi fotosintesis dalam daun – fotosintesis mengubah klorofil dari cahaya menjadi energi. Meningkatkan pigmen klorofil hijau mengubah keseimbangan kafein, gula, dan flavanol di setiap daun. Demikian pula, membatasi fotosintesis meningkatkan L-Theanine, yang menambah rasa nabati yang unik, secara menguntungkan mengubah efek kafein dan melemaskan tubuh sambil tetap selalu siap sedia.

Setelah panen, batang dan vena dipisahkan dari daun. Kemudian daun ditumbuk secara tradisional pada blok granit menjadi bubuk hijau halus, yang dikenal sebagai matcha.

Salah satu perbedaan besar dalam menyeduh matcha bahwa keseluruhan bubuk daun sebenarnya dikocok dan dicerna. Inilah sebabnya mengapa matcha lebih tinggi kafein dan antioksidan daripada teh hijau biasa.

 

Manfaat Kesehatan

Manfaat KesehatanSumber: https://www.drweil.com/diet-nutrition/nutrition/discover-matcha-tea/

Matcha lebih terkonsentrasi pada antioksidan, dan satu cangkir matcha setara dengan tiga cangkir teh hijau. Matcha juga dapat meningkatkan pemulihan setelah berolahraga, dapat mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UVB, dan meningkatkan tingkat energi. Jika kamu sedang dalam program makanan sehat, menambahkan matcha ke daftar mungkin bukan ide yang buruk.

Bagi sebagian besar mahasiswa, masuk ke kelas tanpa merasa seperti zombie adalah masalah utama. Karena matcha dibuat dari daun teh utuh, kandungan kafeinnya lebih dari dua kali lipat jumlah teh hijau khas. Matcha biasanya memiliki 68 mg kafein per cangkir, sedangkan teh hijau memiliki sekitar 32 mg. Saat memilih antara matcha vs teh hijau, matcha akan memastikan kamu tidak tertidur di tengah kuliah.

Matcha mengandung banyak antioksidan kuat, terutama katekin, agen penting dalam menjaga kesehatan. Katekin yang paling kuat di dalamnya adalah epicallocatechin gallate (EGCG). EGCG telah dipelajari secara luas dan bahkan dapat memerangi peradangan di dalam tubuh, membantu menjaga arteri yang sehat dan meningkatkan perbaikan sel.

Apakah matcha benar-benar mengandung antioksidan 137 kali lebih banyak vs teh hijau?

Dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa matcha memiliki antioksidan hingga 3 kali lebih banyak daripada teh hijau kelas tinggi lainnya. Karena itu Matcha, memang memiliki lebih banyak antioksidan daripada teh hijau biasa, tetapi ​​hanya sampai 3 kali lebih banyak.

Rasa Matcha vs Green Tea

Rasa Matcha vs Green TeaSumber: https://www.seriouseats.com/2015/07/how-to-brew-green-tea-where-to-buy.html

Matcha biasanya lebih manis karena dalam matcha latte biasanya ditambahkan gula, memiliki tekstur yang halus, dan kekuatan tambahan dari kafein adalah hal yang membuat orang terus aktif sepanjang hari. Di sisi lain, teh hijau, dengan sendirinya jauh lebih pahit. Teh hijau sebenarnya adalah minuman relaksasi.

Perbedaan antara matcha vs teh hijau cukup penting. Kedua teh memiliki manfaat yang sangat berbeda. Jika kamu membutuhkan camilan belajar pada larut malam tetapi terasa tidak ingin membuat apapun, cobalah salah satu teh ini untuk melihat mana yang terbaik untuk kamu.

 

 

 

 

 

Related Posts

About The Author