Cara Penyajian Kopi yang Populer di Kalangan Penikmat Kopi

Mengapa Memilih Kopi?

Ada bermacam alasan mengapa orang menyukai meminum kopi, seperti menghilangkan kantuk atau karena aromanya enak. Tapi apapun alasannya, yang terpenting dari kopi adalah bagaimana rasanya, baunya, dan apakah itu membuat kopi merasa terjaga dan bahagia di pagi hari.

Cara Penyajian Kopi yang Populer di Kalangan Penikmat KopSumber: https://www.upstation.id/kopi-mencegah-kanker-usus-besar/

Yang sering menjadi bahasa ketika membicarakan kopi adalah jenis penyajiannya. Ada beragam penyajian kopi dan masing-masing orang memiliki pilihan favoritnya sendiri, seperti ada yang sukda dengan latte, tapi mungkin sebagian yang lain lebih menyukai kopi hitam.

Sebenarnya ada berapa jenis cara penyajian kopi? Kalau kamu cek secara online, kamu akan mendapatkan banyak jenis penyajian kopi. Ada tiga puluh lebih jenis penyajian kopi yang terdaftar di satu situs web, dan masih ada lebih dari empat puluh jenis lainnya. Yang akan kita bahas hari ini hanya 10 jenis saja. Jenis ini merupakan jenis penyajian kopi yang paling umum yang tersedia, dan yang dianggap paling lezat oleh banyak penikmat kopi.

Cara Penyajian Kopi

  1. Espresso

Cara Penyajian Kopi EspressoSumber: http://www.espressocoffeesnobs.com/2010/04/golden-rule-of-espresso-coffee-making.html

Apa itu espresso?

Espresso (ess-PRESS-oh) adalah bentuk kopi penuh rasa, terkonsentrasi yang disajikan dalam “shot.” Kopi ini dibuat dengan memaksa air panas yang diberi tekanan melalui biji kopi yang ditumbuk sangat halus.

Espresso adalah kopi murni yang lebih populer di Eropa daripada Amerika, khususnya di Italia. Ada kesalahpahaman menyebar mengenai kopi ini, contohnya banyak yang percaya pada kesalahpahaman bahwa espresso adalah kopi panggang hitam dan pahit.

Faktanya, espresso sama sekali bukan kopi panggang; itu adalah metode unutk mempersiapkan kopi. Kopi espresso sering merupakan hasil campuran dari beberapa kopi panggang dan varian lain untuk menghasilkan rasa yang kuat tetapi bukan pahit.

Penyajian ideal: 30ml Espresso dalam cangkir 90ml. 

  1. Café Latte (atau Café au lait)

Cafe LatteSumber: http://www.alanguvakafe.com.tr/gf-menu-food/cafe-latte/

Minuman ini sangat populer di Amerika mungkin karena rasanya yang manis dan lembut. Pilihan yang lumayan populer untuk penikmat kopi. Latte dibuat dari susu yang di-steam dan satu shot kopi. Biasanya kopi ini sangat berbusa, dan terkadang orang sering tertukar antara latte dengan kopi flat white.

Café au Lait secara harfiah berarti ‘kopi dengan susu’ ini adalah kopi press Prancis yang dibuat dari kopi seduh dan susu yang dipanaskan dalam jumlah yang sama. Susu scald adalah susu yang dipanaskan hingga 82 ° C untuk membunuh bakteri dan menghilangkan banyak protein.

Penyajian yang ideal: kopi pers Prancis 90ml + susu yang dipanaskan 90ml dalam cangkir 200ml.

  1. Cappuccino

CappuccinoSumber: https://www.dairygoodness.ca/recipes/italian-cappuccino-coffee

Mungkin kopi jenis ini adalah yang paling populer di dunia. Minuman yang merupakan minuman favorit semua orang dan minuman kopi paling terkenal dan umum ini mengandung lebih banyak susu dibandingkan kopi.

Cappuccino terdiri dari tiga lapis, seperti kue. Lapisan pertama adalah satu shot espresso, kemudian satu shot susu uap (steamed milk), dan di akhir sang barista akan menambahkan lapisan susu berbusa yang berbuih. Lapisan terakhir ini juga dapat ditutup dengan cokelat serut atau bubuk. Kebiasaan orang  Italia biasanya akan mengkonsumsi kopi jenis ini saat sarapan.

Penyajian ideal: 60ml Espresso + 60ml susu uap (steamed milk) + 60ml susu foam (sesuai dengan urutan itu) dalam cangkir 200ml. 

  1. Caffè Americano

Kopi americanoSumber: https://www.homegrounds.co/how-to-make-an-americano/

Apa itu kopi americano?

Kopi americano adalah shot espresso yang dicampur dengan air panas. Seringkali orang tertukar dengan kopi saring, tetapi keduanya sangat berbeda. Americano hanya dibuat dengan satu shot espresso dari mesin espresso dan air panas.

Cara membuat Caffè Americano cukup sederhana. Kamu hanya perlu menambahkan air panas ke segelas kopi espresso. Konon katanya tentara Amerika selama Perang Dunia Kedua akan membuat kopi jenis ini untuk membuat minuman mereka lebih tahan lama. Ketika di Italia, tentara Amerika melarutkan espresso dengan air panas untuk membuat minuman yang lebih akrab dengan  mereka. Di sinilah istilah ‘americano’ diciptakan, dan sejak saat itu nama itu telah melekat pada kopi dengan penyajian seperti ini dan tampaknya minuman ini diadopsi oleh barista Amerika setelah perang.

Namun, ada langkah yang sangat penting untuk mencapai americano yang sempurna. Air panas harus dituangkan ke dalam cangkir terlebih dahulu, dan kemudian diakhiri dengan single atau double shot espresso. Ini untuk mencegah kopi menjadi gosong oleh air panas dan membuat rasa kopi menjadi pahit.

Penyajian ideal: 60ml Espresso + 120ml air panas dalam cangkir 200ml.

  1. Macchiato

MacchiatoSumber: https://www.nespresso.com/recipes/au/en/081MAC-macchiato.html

Macchiato adalah kopi yang dibuat dari satu shot espresso yang atasnya diberi susu foam yang langsung dimasukkan ke dalam cangkir. Macchiato dalam bahasa Italia berarti ‘bernoda’ karena kopi ini dihiasi susu foam di atasnya. Meskipun hampir sama dengan cappuccino, biasanya macchiato lebih kuat rasanya dibanding cappuccino karena tidak ditambahkan susu steam dan juga ukurannya lebih kecil. Umumnya macchiato disajikan pada cangkir dengan ukuran expresso.

Seperti apa rasa macchiato? Sedikit lebih ringan dari espresso. Jika kamu tidak begitu suka espresso, kamu sepertinya tidak akan menikmati macchiato. Jika kamu suka espresso atau americano yang kuat, cobalah macchiato.

Sajian ideal: 30ml Espresso + Susu foam di atasnya dalam cangkir 90ml.

  1. Mochaccino

mochaccinoSumber: https://id.pinterest.com/pin/576249714798210338/?lp=true

Kopi mochaccino adalah latte dengan tambahan bubuk cokelat atau sirup, dan kadang-kadang diberi whipped cream. Minuman ini adalah kombinasi antara cokelat panas kesukaan anak kecil dan café latte kesukaan orang dewasa.

  1. Flat White

Flat WhiteSumber: https://www.coffeebean.com/flatwhite

Kopi ini adalah jenis variasi dari Cappucino yang sudah biasa dikenal, Flat White adalah Cappucino yang mengandung dua kali lipat jumlah susu dibandingkan dengan kopi. Flat white adalah minuman berbasis espresso yang mengandung susu steam. Ada beberapa perdebatan tentang apakah flat white itu berasal di Australia atau Selandia Baru. Namun bagaimanapun kopi ini sudah ada di bawah sejak tahun 1980-an. Setelah tahun-tahun itu, kopi ini telah muncul di menu di AS, Inggris, dan di tempat lain dan sekarang menjadi menu standar khusus kafe.

Kopi ini mungkin pilihan yang agak tidak masuk akal bagi mereka yang mencari minuman susu dengan rasa kopi yang kuat dan dibuat dengan sedikit susu steam dan lapisan tipis mikrofoam. Jika kamu ingin kopi yang memungkinkan kamu untuk merasakan espresso yang  kuat  tetapi dengan tambahan susu steam yang lembut, kopi flat white adalah pilihan yang cocok untukmu.

Sajian ideal: 60ml Espresso + 120ml susu kukus dalam cangkir 200ml.

  1. Frappé

FrappeSumber: https://all-thats-jas.com/2017/05/classic-greek-frappe.html

Ini adalah salah satu minuman kopi terbaik yang mengandung paling sedikit kopi dibandingkan dengan kopi lainnya. Menu favorit Starbucks ini harus disajikan dingin.

Penyajian yang ideal: 10g (atau 2 sendok teh) kopi instan + air gula 15ml + air dingin 90ml dengan 3-5 es batu + busa kopi 90ml (sesuai urutan itu) dalam gelas 250ml.

  1. Long Black

Kopi long blackSumber: https://www.nibble.id/jakarta/r/mister—-sunday-senopati/p/long-black-coffee-11

Air panas dituangkan ke dalam cangkir, dan kemudian dua shot espresso dituangkan ke dalam air jadilah long black. Jika kamu melakukan sebaliknya, kamu akan mendapatkan kopi americano. Kopi long black bisa sangat kuat, dan kandungan crema yang lebih banyak daripada Americano. Intinya, long black dan café Americano adalah kopi yang sama, tetapi keduanya adalah hal yang berbeda bagi para pecinta kopi.

Sajian ideal: 120ml air panas + 60ml Espresso (sesuai urutan) dalam cangkir 200ml.

  1. Kopi Irlandia

Kopi IrlandiaSumber: https://www.nespresso.com/recipes/int/en/170IRI-irish-coffee-shortbread.html

Kopi Irlandia adalah gabungan antara kopi, krim, dan wiski. Irlandia yang terkenal sebagai surganya pub dan malamnya yang dingin adalah tempat dihasilkannya kopi yang sangat mengasyikkan. Kopi Irlandia ditemukan pada tahun 1940-an dan sekarang menjadi koktail yang disajikan di bar di seluruh dunia. Kopi ini mengandung kopi panas, wiski, gula dan whipped cream. Secara tradisi, kopi Irlandia biasa dinikmati setelah makan malam. Namun, mungkin sulit untuk menolak tawaran kopi Irlandia di pagi yang dingin.

Itu tadi 10 cara penyajian kopi yang paling populer di kalangan penikmat kopi. Kopi yang mana yang menjadi kesukaanmu?

Related Posts

About The Author