Nabe Recipe: Mille Feuille Nabe A.K.A. Nabe Seribu Lembar Daun

Makanan jenis apa yang terbersit dipikiranmu jika mendengar nama Mille Feuille Nabe? Makan Peranciskah? Tapi … tunggu dulu, ada kata “nabe” diujung. Bukankah nabe salah satu jenis makanan Jepang? Apakah ini semacam fusion antara makanan Perancis dan Jepang? Ataukah nama masakan perancis yang terinspirasi dari makanan Jepang?

Mengenal Milleu Feuille Nabe

Nah, daripada menebak-nebak, kita kenalan dulu dengan Mille Feuille Nabe. Jika dilihat dari namanya, memang hidangan ini memakai nama yang berasal dari dua bahasa, Jepang dan Perancis. Apa sih arti “Milleu Feuille Nabe”? Kata Mille Feuille berasal dari bahasa Perancis. Milleu berarti seribu, sedangkan Feuille berarti daun. Nabe sendiri berasal dari bahasa Jepang. Arti kata nabe dalam bahasa Jepang adalah pot, panci atau periuk yang dipakai untuk memasak. Nabe ryori atau pot untuk memasak merupakan istilah yang umum digunakan untuk hidangan yang dimasak di dalam pot. Bahannya bisa berupa daging dan mie, sayuran atau nasi yang di masak di dalam pot yang di tempatkan di atas meja.

Umumnya, jika memasak menggunakan pot, bahan-bahan yang akan dimasak, dimasukkan secara bertahap, lalu kemudian ditambahkan kaldu atau bisa juga penyedap. Panci atau pot yang digunakan bermacam-macam, bisa yang terbuat dari tanah liat atau besi. Namun, umumnya jika memakan nabe, panci atau pot yang digunakan terbuat dari tanah liat.

Di Jepang, nabe biasanya merupakan makanan yang disajikan saat musim dingin. Nabe bisa menjadi penghangat di kala cuaca yang dingin. Hidangan ini  adalah salah satu makanan yang mudah dan cepat dimasak. Bahan makanan yang digunakan untuk membuat nabe bisa apa saja, biasanya bermacam-macam dari sayuran, daging hingga seafood.

Jepang memang terkenal kaya akan makanan lautnya hingga bisa memasok bahan-bahan makanan dan bumbu untuk nabe. Contohnya, di Hokkaido, ada Ishikari Nabe yang bahan utamanya adala salmon. Ada juga Anko Nabe atau anglefish hot pot yang berada di wilayah Perfektur Ibaraki. Di daerah Perfektur Fukuoka ada Motsu Nabe. Beragam jenis resep nabe yang berasal dari akar budaya juga gastronomi wilayah tersebut menambah keragaman resep nabe.

Salah satu hidangan nabe terkenal adalah sukiyaki. Bahan makanan yang digunakan dalam sukiyaki biasanya sayuran seperti sawi putih atau kol Cina, dicampur dengan bahan lain, seperti daging sapi (terkadang untuk daerah tertentu, seperti Niigata dan Hoikaido menggunakan daging babi) yang diiris tipis, jamur, atau juga tahu. Semua bahan tersebut dimasak dalam panci yang didihkan atau dimasak dalam kuah campuran kecap, mirin dan gula.

Selain sukiyaki, baru-baru ini muncul ragam nabe terbaru yang resepnya lebih modern, yaitu “milleu feuille nabe”. Jenis nabe ini terdiri dari susunan daun dan irisan daging tipis.

Jadi  berdasarkan penjelasan di atas, “Milleu Feuille Nabe” adalah jenis nabe yang terdiri dari lembaran daun yang dimasak dalam pot atau panci. Apakah jumlahnya seribu? Tentu tidak. Kata itu digunakan untuk menggambarkan banyaknya lembaran-lembaran daun yang disusun.

Milleu Feuille si Hidangan Musim Dingin

Penasaran dengan penampakan Milleu Feuille Nabe? Coba perhatikan foto di bawah ini.

Milleu Feuille si Hidangan Musim DinginSumber: http://www.wtable.net/recipes/K9a135iyFtmccy1Tk7KCsuCe?r=naver_post&campaign_val=

Indah bukan penampilan hidangannya? Milleu feuille nabe adalah jenis makanan yang tak hanya enak di lidah tapi juga indah dipandang. Penampilannya menakjubkan. Mungkin karena bentuknya berlembar-lembar seperti “milleu feuille”, yaitu salah satu makanan penutup terkenal di Perancis berupa lapisan puff pastry, whipped cream, cream pastry dan kadang-kadang dicampur buah-buahan, maka nabe ini dinamakan milleu feuille nabe.

Milleu feuille nabe merupakan hidangan Jepang yang cocok disajikan di saat musim dingin. Hidangan ini ideal untuk menghangatkan badan. Saat musim dingin, orang-orang biasanya sering menyantap hidangan hot-pot alias panci panas. Alasannya tak lain dan tak bukan karena cuaca dingin sehingga mereka perlu menghangatkan tubuh dengan makanan yang panas.

Bahan makanan yang umum digunakan dalam milleu feuille nabe terdiri dari sayuran sawi putih, pakcoy, jamur enoki, jamur shitake irisan daging sapi dan ada juga daun perilla. Kamu bisa mambahkan bahan lain seperti bawang daun.

Milleu FeuilleSumber: http://www.wtable.net/recipes/K9a135iyFtmccy1Tk7KCsuCe?r=naver_post&campaign_val=

Semua bahan tadi kemudian disusun menjadi berlapis-lapis, lalu dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan. Setelah itu semua potongan disusun di dalam pot atau panci.

Resep Cara Memasak Milleu Feuille NabeSumber: Hspoon.com   Japanese-food.org  Kimchimari.com

Semua bahan makanan ini nanti akan dimasak di dalam rendaman kuah. Biasanya, kuahnya berbahan dasar dashi. Bagi belum akrab dengan masakan Jepang, dashi adalah kaldu dasar yang digunakan pada masakan Jepang. Bahan pembuat dashi adalah sari kombu, yaitu semacam rumput laut dan katsuobushi, yaitu ikan cakalang yang diserut tipis-tipis. Semua bahan itu kemudian dimasukkan pada air yang mendidih, lalu disaring.

Bagi kamu yang tinggal di Bandung dan ingin mencoba nabe “seribu lembar daun” ini, kamu bisa berkunjung ke Nara Park yang terletak di Ciumbuleuit. Jika kamu penasaran dan ingin mencoba memasaknya sendiri, kamu bisa mencoba resep dari Eiko Oba ini. Penggunaan daging babi pada resep sudah diganti dengan daging sapi. Resep ini cukup untuk disantap oleh 3 sampai 4 orang.

Bahan-bahan yang digunakan:

  • 1 kg sawi putih (bisa juga 1/2 buah atau sawi ukuran kecil, atau seberat 35 ons)
  • 300 g atau 10 ons irisan daging sapi
  • 4 sendok makan sake (bisa diganti ekstrak sari tape atau campuran air jeruk lemon dan jus anggur)
  • 140 ml/5 ons Saus Kedelai Ponzu
  • 2-3 buah jeruk (jeruk yuzu, Kabosu atau yang lainnya.)
  • Cuka beras sesuai kebutuhan (bisa diganti cuka apel, lemon atau jeruk nipis)
  • 70 ml/2,5 ons kecap asin

Bumbu:

  • Wijen putih sesuai kebutuhan
  • Lokio sesuai kebutuhan
  • Jahe (parut) sesuai kebutuhan
  • Mustard Jepang (atau minyak lada, pasta kacang, lada sansho)

Persiapan:

  1. Siapkan saus kedelai ponzu. Potong buah jeruk melintang menjadi dua, peras jeruknya dan buang bijinya.
  2. Tambahkan cuka beras ke jus jeruk sehingga menjadi sekitar 70 ml dan campur dengan kecap asin dalam jumlah yang sama .

Cara pembuatan:

  1. Potong-potong lembaran sawi putih yang memanjang tanpa harus menghilangkan batangnya. Jika irisan daging sapi terlalu panjang, potong menjadi dua.
  2. Letakkan lembaran sawi putih memanjang. Mulai dari bawah, isi tiap lembaran sawi putih dengan 2-3 irisan daging sapi diantara 2-3 lembar sawi putih sehingga menghasilkan 4 lembar irisan daging sapi dan sawi putih.
  3. Potong lembaran sawi putih dan irisan daging sehingga akan pas diletakkan di pot atau panci tanah liat. Jika tak ada pot atau panci tanah liat, pakai saja panci yang biasa.
  4. Susun lembaran dengan hati-hati. Letakkan melintang ke dalam pot agar tidak berantakan. Saat dipanaskan, lembaran sawi dan daging ini akan menyusut, jadi susun lembaran dengan sangat rapat dan tekan ke bawah agar permukaannya menjadi rata.
  5. Tambahkan 400ml/13.5 ons air, perciki dengan sake atau pengganti sake lalu tutup. Tempatkan di atas api sedang. Saat mulai mendidih, kecilkan api dan masak selama 30-40 menit sampai sawi putih menjadi lunak.
  6. Tutupi talenan dengan handuk kertas untuk memotong biji wijen. Potong daun bawang seukuran 2-3 mm.
  7. Sajikan mille feuille nabe dengan saus ponzu, wijen, daun bawang, jahe dan mustard. Jika kamu makan bersama teman-teman, mereka bisa mengambil lembaran-lembaran tadi dan menempatkannya dalam mangkuk. Kamu bisa memakannya dengan dengan saus ponzu dan rempah-rempah yang kamu suka.

Tips:

  • Bumbu: Bumbu memberikan rasa dan aroma pada masakan. Menambahkan berbagai rempah-rempah cincang atau parut atau rempah-rempah yang dibeli di toko akn menambah variasi rasa pada nabe.
  • Cara penyimpanan saus kedelai ponzu: jika kamu menyimpannya di botol penyimpanan, saus akan bertahan dalam lemari pendingin selama kurang lebih satu minggu.

Mudah dan cepat bukan? Sekarang, kamu bisa mencoba sendiri milleu feuille nabe buatan mu sendiri. Selamat mencoba.

 

 

 

Related Posts

About The Author