Cara Membuat Lontong Dengan Daun Pisang Tidak Mudah Basi

Siapa sih yang tidak tahu lontong? Lontong merupakan makanan yang tidak pernah ketinggalan di meja makan saat hari raya lebaran. Bahkan lontong sangat identik dengan perayaan tersebut. Lontong pada umumnya disajikan bersama dengan ayam kentang santan maupun dengan opor ayam. Rasanya yang khas dan lembut dimulut saat dikunyah memberikan sensansi rasa masakan yang tidak dapat tergantikan oleh para pecinta dan penggemarnya. Anda bisa simak perihal beberapa cara membuat lontong yang baik dan benar.

Pada umumnya, lontong dibuat dengan pembungkus daun pisang, akan tetapi cara tradisional ini cukup sulit dan membutuhkan pengalaman karena segalanya harus pas. Tanpa keahlian khusus, lontong bungkus daun pisang yang dibuat akan mudah basi, lembek atau bahkan bisa gagal total. Selain dengan daun pisang, anda juga bisa menggunakan opsi lain sebagai pembungkus lontong. Ya, lontong juga dibungkus dengan menggunakan plastik, meski rasanya tak akan seenak dengan lontong yang dibungkus oleh daun pisang. Akan tetapi anda jangan khawatir, kali ini kami akan membagikan cara membuat lontong dengan daun pisang yang enak dan tidak mudah basi dan hasil yang sempurna.

Cara Membuat Lontong Dengan Yang Enak Dan Tidak Mudah Basi

Apakah anda memang berencana untuk membuat lontong sendiri di rumah? Jika begitu, maka akan sangat bagus dan akan sangat disarankan sekali untuk anda bisa cari tahu dengan baik bagaimana cara membuatnya.  Tentu ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam membuat lontong yang enak itu. nah terlebih d ahulu paling penting adalah anda harus pastikan kalau memang cara membuat lontong yang anda pelajari itu memang  yang paling bagus dan paling aman sehingga nanti  tidak akan mudah basi.

Bahan-bahan yang harus anda sediakan:

Berbicara bahan, ada beberapa bahan tertentu yang memang  harus anda siapkan. Bahan utamanya tentu adalah beras dan juga daun pisang. Namun disamping itu, ada beberapa bahan lainnya yang memang tak kalah penting untuk anda siapkan. Bahan lain itu akan sangat penting sekali disiapkan karena akan sangat berguna sekali nantinya.

  • Daun pisang kepok atau klutuk yang tidak terlalu tua atau terlalu muda.
  • Jemur atau panaskan daun pisang terlebih dahulu sampai agak layu, lap bersih dan potong-potong sesuai dengan ukuran lontong yang akan anda buat. (kurang lebih 30x20cm)
  • Beras yang berkualitas dan pulen (takaran sesuai kebutuhan)
  • Rendam beras dalam air selama kurang lebih 1 jam.
  • Lidi untuk menyemat.
  • 1 lembar daun pandan
  • Air panas dan air dingin secukupnya.

cara buat lontong

Proses dan Cara membuat lontong agar tidak mudah basi

Nah kemudian anda bisa lanjut ke proses  selanjutnya yakni bagaimana anda bisa membuat lontong tersebut. dalam proses pembuatan, tentu anda harus tahu bahwa ada beberapa prosedur cara yang bisa anda ikuti dengan  baik dan benar. Tahapan dan proses ini juga nantinya akan menentukan seberapa bagus lontong yang akan anda buat tersebut. jika anda memang sudah mengetahuinya, barulah kemudian anda bisa membuatnya sendiri di rumah dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang anda inginkan.

  1. Ambil 2 lembar daun pisang, kemudian gulung menyerupai silinder dengan bagian bawah daun pisang berada didalam. Apabila silinder suuudaaah cukup dan posisinya rata serta lurus, semat salah satu ujungnya dengan lidi.
  2. Isi silinder daun pisang dengan beras yang telah direndam dan ditiriskan.
  3. Semat ujung gulungan dengan lidi untuk menutupnya agar tidak tumpah.
  4. Masukkan bakal lontong kedalam panic dengan posisi berdiri.
  5. Tambahkan air dingin sampai bakal lontong terendam seluruhnya dengan air.
  6. Rebus hingga lontong memadat dan kenyal.
  7. Angkat lontong dan tiriskan dengan posisi berdiri dan angin-anginkan supaya tidak terlalu panas.
  8. Lontong dengan daun pisang yang enak dan tidak mudah basi siap dinikmati bersama opor ayam atau kentang santan.

Demikian bahan dan cara membuat lontong dengan daun pisang yang enak dan tidak mudah basi. Mudah dan tidak terlalu repot bukan? Lontong sangat pas disajikan dengan opor ayam saat hari raya anda bersama keluarga. Semoga bermanfaat.

Related Posts

About The Author