Cara Membuat Getuk dengan Bahan Sederhana

Gethuk atau getuk adalah salah satu makanan khas yang adai di jawa biasanya. Nah kali ini  akan dibahas tentang bagaimana cara membuat getuk yang baik dan benar.  Kekayaan kuliner nusantara memang tidak ada habisnya. Banyak sekali jenis makanan yang tentu saja menghiasai kuliner di Negeri ini. Bahkan bisa dibilang bahwa Indonesia adalah salah satu Negara yang kaya akan keragaman budaya dan kuliner. Misalnya salah satu penganan atau camilan yang masih tetap eksis hingga saat ini yaitu getuk. Makanan dari singkong ini memang sangat sederhana sekali namun rasanya tentu sangat enak sekali untuk disantap.

Getuk makanan tradisional yang memiliki rasa sangat lezat, manis dan ada guri gurih dari kelapa. Proses pembuatan makanan yang satu ini terbilang sangat simpel sekali sehingga bisa dipraktekan di dapur Anda dengan bahan dan alat sederhana. Meskipun berbahan dasar dari singkong namun jangan salah jika getuk memiliki rasa yang sangat luar biasa nikmatnya. Kalau anda memang bisa menikmatinya segera, maka anda bisa membuatnya segera juga dan bagaimana caranya? Nah mungkin bagi kelahiran jawa yang dulu, biasanya akan sudah tahu bagaimana  proses pembuatan dilakukan. Namun bagi yang  memang masih pemula, sepertinya akan sulit untuk memilihnya.

Beragam Jenis Getuk

Hal pertama yang mungkin jadi pertanyaan adalah tentang apa saja sih jenis dari getuk yang tersedia  itu. nah yang  jelas sebetulnya ada beragam jenis gethuk yang memang selama ini  biasa digunakan. dalam  hal ini, anda sebaiknya memang bisa mengetahui dengan baik tentang jenis gethuk tersebut sehingga kemudian anda bisa gunakan dengan baik dan benar. Dalam proses  pembuatan, sebetulnya ada beberapa cara dan panduan khusus yang bisa  anda lakukan. Beberapa jenis dari getuk itu beberapa diantaranya adalah:

  • Getuk singkong
  • Getuk lidri
  • Getuk pisang
  • Getuk ubi
  • Getuk goreng dll

Cara Membuat Getuk Singkong Dengan Taburan Kelapa

Cara membuat getuk singkong yang lezat dan gurih dengan taburan parutan kelapa ini tentu bisa dipraktekan dengan mudah. Siapkan terlebih dahulu bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat makanan tersebut. Simak berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya!

Cara buat Getuk Singkong

Bahan:

Berbicara tentang bahan, anda harus  tahu bahwa memang bahan itu  ada beberapa yang memang bisa digunakan. nah kali ini bahan utama yang akan digunakan adalah bahan singkong, meski memang ada banyak bahan lain juga yang mungkin bisa digunakan. selama ini namun yang paling umum adalah memang yang menggunakan bahan singkong ini. namun selain singkong, ada beberapa bahan tambahan yang bisa anda gunakan seperti:

  1. Singkong segar yang telah dikupas dan dibersihkan kemudian dipotong kecil-kecil
  2. Gula pasir
  3. Gula merah
  4. Air
  5. Kelapa parut
  6. Vanili bubuk

Cara Membuat:

  • Tahap pertama kukus singkong yang telah dibersihkan dengan kelapa parut
  • Pastikan singkong di kukus hingga matang dan empuk
  • Sambil menunggu singkong dikukus maka siapkan larutam gula merah dan gula pasir
  • Apabila singkong telah matang maka angkat dan tempatkan dalam sebuah wadah. Setelah itu tambahkan gula yang telah dilarutkan, vanili dan garam. Aduk rata dan kemudian tumbuk singkong selagi masih panas
  • Supaya tekstur getuk semakin halus maka uleni dengan tangan
  • Apabila sudah lembut dan halus maka masukkan getuk di loyang dan ratakan
  • Kemudian iris getuk sesuai dengan selera
  • Taruh diatas piring saji dan taburi dengan kelapa parut
  • Getuk siap untuk disajikan

Getuk memiliki rasa manis, lezat dan gurih parutan kelapa. Makanan tradisional dari bahan dasar singkong ini tentu saja memiliki citarasa yang sangat nikmat sekali untuk disantap. Cocok sebagai camilan saat bersantai dengan keluarga. Makanan ini juga bisa dijadikan makanan saat sarapan karena mengenyangkan dan cocok untuk disajikan dengan secangkir teh.

Cara membuat getuk memang tidak sesulit yang dibayangkan. Dalam hal ini prosesnya justru sangat simpel sekali sehingga kapan saja bisa membuatnya. Sajian getuk dengan taburan parutan kelapa memang lumer di mulut dan membuat makanan yang satu ini sangat cocok untuk disantap kapan saja sesuai selera.

Related Posts

About The Author