Cara Membuat Batik dengan Desain Sederhana

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan kebudayaan dan keseniannya. Sebut saja kerajinan batik yang termasuk identitas dari bangsa Indonesia. Batik adalah hasil budaya bangsa yang sudah terkenal dari zaman dahulu dan mempunyai berbagai varian motif. Di wilayah Nusantara, batik terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tempat asalnya mulai dari batik Jawa, batik Sumatera, batik Bali dan yang lainnya. Nah kalau anda memang tertarik untuk membuatnya, maka sangat disarankan untuk anda pelajari bagaimana cara membuat  batik yang bagus dan keren itu. tentu anda tak boleh sembarangan apalagi pemula, anda diharuskan untuk banyak coba untuk perhatikan dengan baik pola dan cara membuatnya apalagi untuk batik tulis.

Beragam Jenis Batik

Sebelum anda membuat batik, maka kemudian akan sangat penting dan disarankan sekali kiranya untuk anda mengetahui  tentang bagaimana cara membuat batik yang bagus dan keren. Jika anda  memang tahu apa saja jenisnya, maka anda bisa tahu bagaimana cara kemudian anda bisa coba untuk ikuti  sehingga anda memang anda  puas. Beberapa jenis batik yang ada di  pasaran selama ini  diantaranya adalah:

  • Batik Tulis
  • Batik Cetak
  • Batik Sulam

Dari ketiga jenis itu, anda tentu harus tahu bahwa cara  pembuatannya sama-sama berbeda dan anda harus pelajari satu per satu jika mau tahu semuanya. Selain dilihat berdasarkan asalnya, batik terbagi dua berdasarkan cara pembuatannya yaitu batik tulis dan batik cap. Proses pembuatan batik cap lebih mudah dibandingkan dengan pembuatan batik tulis. Bahkan dalam waktu 1 jam kita bisa membuat batik cap mencapai ribuan, sementara pembuatan batik tulis memerlukan waktu kurang lebih 1 minggu untuk mendapatkan satu kain batik.

cara membuat  batik

Langkah dan Cara Membuat Batik Tulis Yang Mudah Dan Praktis

  1. Persiapkan alat dan bahan untuk pembuatan batik, diantaranya :
  • Kain mori atau kain berbahan katun
  • Canting
  • Gawangan
  • Lilin malam
  • Panci
  • Kompor
  • Larutan pewarna
  1. Langkah pertama pembuatan batik yaitu membuat desain batiknya terlebih dahulu diatas kain mori menggunakan pensil. Tahapan ini dikenal dengan istilah molani.
  2. Panaskan lilin malam diatas panci atau wajan sampai mencair dengan sempurna dalam suhu 80 derajat celsius.
  3. Setelah proses pembuatan desain batik selesai, lanjutkan dengan melukis menggunakan lilin malam. Agar proses melukisnya lebih mudah, perhatikan posisi duduk dengan kompor berada di sebelah kanan kecuali kidal.
  4. Celupkan canting ke dalam wajan yang sudah berisi lilin malam cair dalam waktu kurang lebih 3 detik, tujuannya yaitu untuk menyesuaikan suhu di wajan dengan canting.
  5. Lukiskan perlahan-lahan canting pada pola atau desain batik yang sudah dibuat sebelumnya dari sisi kiri ke kanan.
  6. Tutupi bagian kain yang tidak ingin terkena warna saat dicelupkan menggunakan lilin malam.
  7. Tahapan selanjutnya mulai masuk ke pencelupan pertama. Masukkan kain yang sudah dilukis dan dilapisi lilin malam kedalam warna pertama. Setelah itu, paparkan kain diatas gawangan agar warnanya meresap maksimal sampai kering.
  8. Setelah kering, lakukan kembali proses pembatikan menggunakan canting pada bagian pola tertentu yang diinginkan. Tujuannya untuk mempertahankan warna pertama.
  9. Masuk ke tahapan pencelupan selanjutnya, celupkan kain ke warna kedua. Tahapan ini dilakukan untuk mendapatkan kombinasi warna pada kain batik yang diinginkan.
  10. Selanjutnya, rebus kain batik dengan panci diatas kompor untuk menghilangkan lapisan lilin malam yang masih menempel dan memunculkan motif yang sudah didesain. Dalam istilah perbatikan dikenal dengan nglorod.
  11. Langkah terakhir, cuci kain batik dengan air bersih kemudian jemur sampai kering. Pastikan agar tidak terkena panas matahari secara langsung.

Selebihnya sebetulnya anda bisa bereksplorasi untuk bisa menemukan motif-motif baru yang memang akan benar-benar bagus dan benar-benar bisa untuk anda andalkan. Selama ini kadang banyak juga beberapa diantaranya yang memang sangat disarankan untuk coba dengan baik dan benar untuk membuat pola yang beda. Nah kuncinya sebetulnya ada  pada pola, silahkan anda buat pola  atau sekarang bisa anda buatkan dalam desain aplikasi khusus agar kemudian bisa dilihat apakah pola itu bagus  atau tidak. Setelah itu, baru anda bisa terapkan cara membuat batik dengan desain tersebut kemudian.

Related Posts

About The Author