Cara Membuat Aquarium untuk Menyimpan Ikan Hias

Memelihara ikan dalam rumah dengan menggunakan aquarium tentu saja bisa menjadi salah satu media untuk penghilang stres dan membuat suasana dalam rumah lebih menarik. Aquarium kini banyak model dan ukurannya. Bahkan mulai dari ukurna kecil hingga aquarium dengan ukuran jumbo. Pada umumnya aquarium terbuat dari bahan kaca dengan berbagai bentuk sesuai dengan keinginan. Cara membuat aquarium tergolong sangat mudah sekali. Anda bisa gunakan beberapa bahan sederhana seperti kaca dan juga yang lainnya. Selain itu ada beberapa bahan lainnya juga yang memang bisa anda coba andalkan dengan baiik.

Modal untuk membuat aquarium tidaklah mahal dan bahkan terkesan sangat terjangkau sekali. Jika Anda ingin membuat aquarium di rumah maka tentu saja bisa menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat wadah ikan tersebut. Selain itu untuk membuat tampilan aquarium yang lebih menarik tentu saja bisa dengan menambahkan hiasan dan ornamen lain dalam aquarium. Kalau memang anda mau tahu bagaimana caranya, anda bisa simak beberapa penjelasan dengan detail dan lengkap dalam langkah –langkah diibawah.

Langkah Cara Membuat Aquarium

Untuk membuat aquarium sudah pasti ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan. Nah, langsung saja untuk Anda yang ingin mengetahui cara membuat aquarium maka simak saja berikut ini!

Alat dan Bahan:

  • Kaca
  • Lem silikon
  • Alat tembak lem
  • Spidol
  • Obeng
  • Skimer
  • Kabel
  • Pisau cutter
  • Pipa PVC
  • Lakban
  • Penggaris

Proses Membuat Aquarium

Anda sebaiiknya memang bisa tahu bahwa ada beberapa proses tertentu yang bisa anda coba kerjakan  dan  lakukan. Pertanyaannya adalah proses apa saja sih itu? nah yang jelas ada banyak memang proses yang bisa anda lakukan sehingga kemudian anda  bisa mendapatkan hasil yang benar-benar bagus dan rapih. Pastiikan juga untuk melengkapi aquarium anda itu dengan beberapa kebutuhan ikan seperti ditambahkan terumbuu karang, dan laiinnya.

#Step 1 – Buat Konsep Model Aquarium

Langkah awal tentu saja membuat konsep aquarium terlebih dahulu mengenai bentuk, ukuran dan desain yang akan digunakan. Dalam membuat konsep juga penting untuk diperhitungkan membuat ukuran aquarium yang tidak memakan tempat di dalam rumah. Selain itu, juga ukuran aquarium harus Anda tentukan dengan jumlah ikan yang akan mengisinya

#Step 2 –  Potong Kaca Untuk Aquarium

Jika untuk memotong kaca aquarium sulit dan membutuhkan alat khusus maka sebaiknya gunakan jasa potong kaca berpengalaman agar hasilnya rapih dan sesuai dengan konsep model aquarium yang akan Anda gunakan. Pastikan hasil potongan setiap bagian sesuai dengan rencana yang akan dibuat. Jangan sampai gagal karena akan menghabiskan kaca begitu saja dan harga kaca aquarium lumayan.

cara buat aquarium

#Step 3 – Mulai Satukan Potongan Kaca

Langkah berikutnya mulai satukan bagian kaca satu per satu. Namun pastikan terlebih dahulu jika setiap ujung atau pinggiran kaca sudah dihaluskan agar tidak tajam. Untuk merekatkan antara satu bagian kaca dengan bagian lainnya bisa menggunakan lem silikon yang sudah Anda siapkan. Gunakan alat lemtembak untuk memudahkan pemasangan lem untuk merekatkan satu bagian kaca dengan bagian lainnya.

#Step 4 – Tambahkan Hiasan

Jika proses pengeleman semua bagian kaca aquarium sudah selesai maka kini saatnya untuk menambahkan hiasan aquarium. Namun sebelumnya cek terlebih dahulu dan pastikan bahwa tidak ada bagian yang bocor. Aksesoris aquarium yang bisa Anda tambahkan adalah batuan hiasa, pasir khusus aquarium, filter air, lampu dan lain sebagainya.

#Step 5 – Perhatikan Instalasi Pengairan

Agar suasana aquarium membuat ikan lebih nyaman maka sebaiknya perhatikan instalasi pengairan. Sirkulasi air ini sangat penting sekali untuk diperhatikan untuk membuat aquarium yang menunjang kenyamanan ikan. Jangan biarkan dan abaikan kenyamanan  ikan  karena nanti  ikan bukannya hidup malah mati.

Dengan memperhatikan beberapa hal yang bisa anda anda kerjakan diatas, maka diharapkan anda kemudian bisa mencobanya dengan mudah dan simpel. Jadi kalau begitu, maka anda gak harus beli sebetulnya karena memang anda hanya perlu buat sendiri di rumah. Apakah ribet? Justru  sambil tambah pengalaman,  maka cara membuat aquarium tersebut sangatlah bagus dan juga sangatlah tepat sekali untuk  dipilih.

Related Posts

About The Author