9 Tips dan Triks Memilih Tas Ransel Untuk Tranveling

9 Tips dan Triks Memilih Tas Ransel Untuk TranvelingSumber: https://backpack.lasada.co/columbus-backpack-respirar-65l/

Bagi kamu yang berencana membeli tas ransel atau backpack untuk traveling, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum kamu membelinya. Ini penting untuk kamu ketahui agar kamu nyaman ketika menggunakan tas tersebut. Berikut ini tips dan triks membeli tas ransel yang tepat untuk traveling.

  1. Kapasitas

Fokus pertama ketika memilih tas ransel atau backpack adalah ukuran dan kapasitas yang kamu cari. Ukuran standar adalah 22 “x 14” x 9 “, namun, semuanya tergantung pada semua perlengkapan yang kamu perlukan. Kalau kamu memerlukan tas untuk perlengkapan semalam saja, pilih  tas ukuran 35+ liter. Untuk perjalanan satu sampai tiga hari, kamu bisa pilih tas ukuran  30-50 liter. Untuk perjalanan yang lebih dari itu, kamu memerlukan tas berukuran 50-80 liter. Jika kamu berencana pergi selama seminggu, ukuran 70 liter atau lebih besar lagi dari itu adalah pilihan yang tepat.

  1. Tali Tas Ransel atau strap backpack

Selalu gunakan tali tas yang empuk untuk perjalanan yang lebih nyaman karena beban ransel kamu akan membebani bahu kamu setiap saat. Memiliki bantalan pada tali akan berarti lebih sedikit tekanan pada bahu dan tali dengan bantalan juga akan melepaskan tekanan dari punggung bawah kamu. Selalu disarankan untuk membawa tas yang tidak terlalu berat.

  1. Kantong Pendukung

Jangan abaikan kantong-kantong pendukung karena kantong-kantong tersebut dapat menampung sesuatu yang mungkin kamu perlukan dari waktu ke waktu dan bisa dibuka dengan cepat. Hindari terlalu banyak kantong kecil karena dapat menyebabkan masalah dan kebingungan.

  1. Bahan

Tas harus 100% kedap air tetapi pastikan terbuat dari bahan semi kedap air agar tidak basah dalam gerimis. Kamu juga perlu memastikan bahwa bahan dapat segera mengering dan tidak akan basah lama atau menjadi berat dan apak. Cari bahan tebal dan ringan yang dapat tetap  menempel saat hujan lebat atau musim hujan.

  1. Ukuran yang Tepat

Bergantung pembuatan dan model, tas ransel dapat dijumpai dalam berbagai ukuran. Ada ukuran kecil, sedang dan besar. Ada tas yang bisa dipakai pria atau wanita, ada tas yang khusus untuk perempuan. Jika kamu kecil atau tinggi, pilihlah tas yang sesuai dengan ukuran yang kamu perlukan dan hindari tas yang memiliki satu ukuran saja. Karena kebutuhan orang dan tipe tubuh tiap orang unik, akan lebih baik jika kamu coba dulu tas sebelum memutuskan untuk memakainya.

  1. Resletingnya Dapat Dikunci

Bukan berarti siapa pun kemungkinan membuka tas ransel kamu saat berada di hostel atau guesthouse, tetapi selalu waspada untuk mengunci tas ransel saat pergi ke bandara. Pastikan setiap bagian tas memiliki dua resleting agar bisa digembok bersama.

  1. Bingkai Pendukung Punggung

Kamu bisa mendapatkan bingkai bagian dalam, yang merupakan bingkai penopang yang dimasukkan di bagian dalam tas ransel, atau yang eksternal, yang biasanya berupa bingkai plastik berbentuk melengkung. Bingkai eksternal itu memberikan penyangga pada ransel sehingga lebih nyaman saat berjalan menggunakan ransel. Bingkai eksternal juga memungkinkan udara turun dari punggung, jadi kamu tidak harus terlalu berkeringat karena bagian belakang tas tidak menempel pada punggung.

  1. Pertimbangkan aksesori.

Asesoris termasuk penutup hujan untuk tas ransel kamu, reservoir hidrasi, atau tali tas tambahan untuk mengikat barang ke tas. Jangan khawatir harus membelinya sekaligus. Kamu bisa mencicilnya.

  1. Beli di Toko Khusus Perlengkapan Outdoor

Meskipun membeli ransel secara online tidak diragukan lagi lebih nyaman, jika ini pertama kali kamu membelinya, mengunjungi toko khusus penyedia perlengkapan outdoor akan sangat membantu. Toko khusus outdoor tidak hanya menyediakan perlengkapan terbaru di pasaran, mereka juga memiliki anggota staf yang terlatih untuk membantu kamu memilih ransel yang tepat untuk keperluanmu. Beritahukan kepada asisten toko jenis perjalanan yang akan kamu lakukan dan lingkungan tempat kamu nanti. Ini akan membantu menentukan tas ransel dengan ukuran yang tepat.

Tentu saja, tas ransel berkualitas akan lebih mahal, tetapi menghabiskan sedikit lebih banyak pada tas ransel lebih baik daripada membeli tas yang tidak bertahan lama. Ujung-ujungnya kamu akan membayar banyak untuk mengganti tas dengan tas baru.

Penting bagi kamu untuk memperhatikan hal-hal yang disebutkan di atas sebelum memutuskan membeli sebuah tas ransel. Jika tas ransel yang kamu beli ternyata tidak nyaman, akan membuat kamu sengsara ketika melakukan perjalanan. Jadi, pastikan kamu tidak melewatkan tips dan trik membeli tas ransel yang telah dijelaskan di atas.

Related Posts

About The Author